Breaking News
Home / aktifitas manik raja / DPP MANIK RAJA (MARBONA) INDONESIA DAN MARBONA PROVSU DAN MARBONA KOTA MEDAN MENGHADIRI DEKLARASI KERUKUNAN PUAK BATAK BERSAUDARA (KPPB) DI MEDAN.

DPP MANIK RAJA (MARBONA) INDONESIA DAN MARBONA PROVSU DAN MARBONA KOTA MEDAN MENGHADIRI DEKLARASI KERUKUNAN PUAK BATAK BERSAUDARA (KPPB) DI MEDAN.

 Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi deklarasi Kerukunan Puak Batak Bersaudara (KPBB) di Hotel Grand Antares Medan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu 7 Agustus 2019.

Kerukunan Puak Batak Bersaudara merupakan wadah terjalinnya persatuan dan kesatuan yang akan menjadi gambaran dan penuntun persatuan di Sumut.

“Saya tadi upayakan kejar acara ini, karena bagus acaranya. Ini merupakan wadah persatuan untuk negeri ini, khususnya Sumatera Utara,” kata Gubernur Edy Rahmayadi saat memberikan kata sambutan di acara itu.

Gubernur yakin, terbentuknya Kerukunan Puak Batak Bersaudara di Sumut untuk membantu dan mendukung pemerintah mewujudkan program Membangun Desa Menata Kota.

“Disini banyak etnis, ada 6 etnis Batak di Puak Batak Bersaudara ini.

“Saya harap kita bersatu, membangun untuk kemajuan daerah ini. Sesuai dengan program pemerintah Membangun Desa Menata Kota,” katanya lagi.

Edy Rahmayadi juga mengingatkan, soal antisipasi perpecahan yang dilakukan oleh oknum yang ingin memecah belah persatuan. Edy Rahmayadi sepakat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

“Bahwa kita harus mengantisipasi adanya perpecahan. Karena kalau tidak kita akan hancur. Kita sudah sepakat bahwa negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi harus kita jaga itu,” pesan Edy.

Ketua Umum Kerukunan Puak Batak Bersaudara, (KPBB), Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan, PhD, DMS, menyebutkan,  tujuan di didirikan Kerukunan Puak Batak Bersaudara adalah wadah untuk berkomunikasi baik suka dan duka di dalam Puak Batak.

Dengan ada nya berkomunikasi, maka wadah untuk satu suara di dalam Puak Batak dapat menerima saran, masukan, gagasan maupun kritikan kepada pemerintah Pusat dan Daerah, Agar pembangunan Nasional dapat berjalan dan di rasakan di tanah Batak,” ujar Sumiharjo.

Sumiharjo menjelaskan, Kerukunan Puak Batak Bersaudara nantinya akan berperan dan ikut serta dalam mengawasi pembangunan nasional yang di lakukan pemerintah pusat maupun daerah di dalam segala bidang di tanah Batak.

“Dengan adanya pengawasan, maka pembangunan Nasional yang di lakukan pemerintah pusat dan Daerah dapat fokus di lakukan di tanah Batak,” katanya.

Sumiharjo Pakpahan mengharapkan, dengan diadakannya Deklarasi Kerukunan Puak Batak Bersaudara, Supaya 6 Puak Batak bersatu dan sehati untuk membangun tanah Batak.

“Mungkin selama ini ada yang tersinggung atau sakit hati,mari kita lupakan demi membangun tanah Batak. Di sini kita tidak memisahkan satu suku, maupun membicarakan Agama, tetapi kita menjalin kerukunan sesama suku batak, ” pesan Sumiharjo Pakpahan

Sebelumnya, Ketua Harian Kerukunan Puak Batak Bersaudara CP Nainggolan memaparkan, bahwa Kerukunan Puak Batak Bersaudara ini terbentuk dari pemikiran bersama dari berbagai Tetua dari 6 etnis Puak Batak di Sumut. Yaitu Mandailing, Angkola, Simalungun, Toba, Karo, dan Pakpak

Acara ini juga di hadiri DPP Manik Raja ( Marbona ) Indonesia , DPD Manik Raja ( Marbona ) Provsu dan DPC Manik Raja ( Marbona ) Kota Medan serta Mantan Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata dan Tokoh Agama Islam dari Sumatera Utara serta Perwakilan dari Pemko Kota Medan…….

Diketahui, Badan Pengurus Harian Kerukunan Puak Batak Bersaudara, Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan PhD DMS, Ketua Harian CP. Nainggolan SE MAP, Sekretaris Jenderal Dr Ir Rustam Efendi Siregar MSi, Sekretaris Harian Paraduan Pakpahan SH, Bendahara Umum Ir Anggiat Simanjuntak, Bendahara Harian Lindung Pandiangan SE Ak SH MH. (snc)

About Manik Raja-Marbona

Check Also

PARSADAAN POMPARAN MANIK RAJA ( MARBONA ) SIANTAR SIMARIMBUN MELAKSANAKAN NATAL DENGAN MERIAH DAN SUKSES

Hari Minggu, 17 Des 2023 , Perayaan Natal Marbona Siantar Marimbun Dohot Nahumaliang na. Dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *