Breaking News
Home / aktifitas manik raja / PERESMIAN TUGU MANIK RAJA DI SIGARIGAR RIANIATE SAMOSIR

PERESMIAN TUGU MANIK RAJA DI SIGARIGAR RIANIATE SAMOSIR

Ribuan Pomparan (wargan keturunan) Manik Raja, Boru, Bere dohot Ibebere hadir dalam rangka pesta peresmian Tugu Manik Raja di Siigar-igar, Rianiate, Pangururan Samosir selama tiga hari.

Hadir dalam acara itu, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, Wakil Bupati Ir Juang Sinaga, Ketua DPRD Risma Simarmata, anggota DPRD Viktor Simbolon, Sekdakab Tombor Simbolon SH, sejumlah SKPD, Pomparan Guru Tatea Bulan , Pomparan Lau Raja, Tulang Bolon Tua , Tulang Tua Boro serta Hula-hula Tua Boro serta Raja Adat  Bius Siualu Tali.

Pada hari pertama, Selasa (20/12) usai ibadah dilanjutkan penandatanganan prasasti tugu oleh Ketua Umum DPP Manik Raja, Boru, Bere dan Ibebere (Marbona) Sedunia Bosman SH dan membuka tali selubung  Manik Raja, Sulang Bao atau Galang Paniaran serta Gondang Pamuhai (Gondang Pemulaan) oleh suhut, perwakilan anak, boru, bere dan ibebere.

Hari kedua, Rabu (21/12) digelar mamborothon hoda, kebaktian dan kata-kata sambutan oleh panitia termasuk pemaparan pembangunan tugu Manik Raja.
Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM mengapresiasi kekompakan Pomparan Manik Raja dalam menyelesaikan pembangunan tugu itu.

Dikatakan, pembangunan tugu adalah pesta budaya Batak dan Tugu Manik Raja ini menjadi lokasi wisata sesuai salah satu misi wisata Pemkab Samosir.
Usai memberikan kata sambutan Ketua DPRD Risma Simarmata, Sekdakab Ir Juang Sinaga yang mengaku sebagai bere marga Manik didampingi bupati memberikan “tuppak” dalam mendukung pesta tersebut.

Kemudian Ketua Umum DPP Marbona Bosman Manik SH, Wakil Ketua Paiyan Manik SH dan Ketua Marbona Se-Jabodetabek Marolop Manik didampingi Ketua Pembangunan Tugu Maikjon Manik SH mengulosi bupati, Ketua DPRD dan wakil bupati.
Ketua Umum DPP Marbona Bosman SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati, Ketua DPRD, wakil bupati, Sekdakab dan para SKPD yang dapat hadir dalam acara itu.

Bosman Manik SH mengemukakan bahwa Pemkab Samosir banyak mendukung pembangunan Tugu Manik Raja dan itu dibuktikan dengan telah dibangunnya jalan secara permanen menuju lokasi tugu. Bosman Manik  mengakui adanya berbagai rintangan dalam memperjuangkan berdirinya tugu itu namun menjadi semangat yang luar biasa dari pomparan Manik Raja Sedunia sehingga pembangunan tugu dapat terselesaikan.
Dalam akhir sambutannya, Bosman Manik SH didampingi Sekretaris Ir Jhon Manik mengharapkan agar dengan diresmikannya Tugu Manik Raja itu dapat menjadi pemersatu bagi seluruh keturunan Manik Raja yang ada di dunia ini.

About Manik Raja-Marbona

Check Also

PARSADAAN POMPARAN MANIK RAJA ( MARBONA ) SIANTAR SIMARIMBUN MELAKSANAKAN NATAL DENGAN MERIAH DAN SUKSES

Hari Minggu, 17 Des 2023 , Perayaan Natal Marbona Siantar Marimbun Dohot Nahumaliang na. Dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *